February 26, 2023

Rieke Diah Pitaloka, anggota Komisi VI DPR RI, memberikan usulan agar PT Pos Indonesia (Persero) dimanfaatkan sebagai jasa pengiriman surat dan barang penting negara. Dia berharap agar lembaga pemerintah dapat memaksimalkan penggunaan Pos Indonesia sebagai penyedia jasa layanan pos, karena sebagai BUMN, Pos Indonesia memiliki peran strategis dalam mengamankan pertahanan negara.

Menurut Rieke, masih banyak kementerian atau lembaga yang belum memaksimalkan penggunaan Pos Indonesia sebagai jasa pengiriman surat dan barang penting. Oleh karena itu, ia berharap agar Menteri BUMN dapat memberikan dukungan khusus agar BUMN lainnya juga menggunakan Pos Indonesia sebagai pengiriman surat dan jasa.

Rieke juga menyoroti pentingnya penggunaan Pos Indonesia dalam kegiatan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah. Sebagai politisi dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), ia mengusulkan agar Pos Indonesia diberikan kepercayaan untuk menjadi official logistics partner pada Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah pada tahun 2024.

Menurut Rieke, penggunaan Pos Indonesia dalam kegiatan tersebut akan memberikan manfaat ganda, yaitu memastikan keamanan dan kecepatan pengiriman surat dan barang negara serta memberikan keuntungan finansial bagi BUMN. Oleh karena itu, ia merekomendasikan agar Pos Indonesia diberikan kepercayaan untuk menjadi official logistics partner pada kegiatan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024.

Dalam rapat kerja dengan Kementerian BUMN, Rieke menyatakan bahwa dukungan bagi Pos Indonesia dapat dilakukan dengan menugaskan BUMN ini untuk melakukan pengiriman barang atau surat negara. Ia juga menambahkan bahwa keuntungan finansial yang diperoleh Pos Indonesia sebagai BUMN akan memberikan deviden bagi negara, sehingga penggunaan Pos Indonesia sebagai penyedia jasa pengiriman surat dan barang penting negara akan memberikan manfaat yang besar bagi negara.

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2023/02/13/17264541/rieke-diah-pitaloka-usulkan-pos-indonesia-jadi-pengirim-surat-dan-barang